Jumat, 16 Juni 2017

Menanam pohon tin di musim panas, efektifkah?

 Menanam pohon tin di musim panas, efektifkah?

pohon tin

Akhir akhir ini sinar matahari begitu menyengat pertanda bahwa musim kemarau tampaknya telah tiba. Suhu udara yang biasanya sejuk mendadak panas. Di saat yang sama, banyak konsumen dan calon konsumen yang menanyakan perilah bagaimana menanam pohon tin di musim kemarau seperti ini? Apakah cukup efektif dan cocok? Berikut ulasannya
Pada dasarnya pohon tin yang telah beredar di Indonesia termasuk tanaman yang adaptif atau mudah beradaptasi di iklim Indonesia yang mayoritas tropis. Iklim tropis berarti adanya pergantian musim hujan dan  musim panas. Meskipun begitu, kadangkala terjadi anomali cuaca yang seperti yang terjadi tahun 2016 kemarin; musim hujan yang lebih lama.
Menanam pohon tin di musim kemarau tidak lah masalah. Asal tau kiat kiat nya saja. Bibit buah tin yang hendak ditanam harus benar benar diperhatikan daya adaptasinya. Bibit yang tergolong baru turun dari fresh cangkok dan kemudian dipindahkan ke media pembesaran (polybag, planter bag, pot, tanah) sebaiknya jangan langsung taruh di tempat terbuka (langsung kena matahari), tetapi di tempat yang lebih teduh dahulu. Setelah dirasa kuat baru dipindahkan ke tempat terbuka.
Pertanyaan yang muncul kemudian adalah bagaimana perawatan pohon tin di musim kemarau yang baik? Tentu saja diperhatikan nutrisi makanan pohon tin dan kesesuaian sinar mataharinya. Untuk itu, pastikan kondisi makanan (pupuk) tersedia dengan baik lengkap dengan asupan air yang tepat.
Secara berkala semisal dua hari sekali lakukan penyiraman. Bila perlu semprot dengan vitamin B 1 untuk mencegah terjadinya setress karena panas. Lakukan pemangkasan terhadap ranting pohon seperlunya. Ini untuk mengurangi adanya penguapan air yang berlebih. Di samping itu juga mempercepat pohon tin berbuah.
Lebih elegan lagi buatlah semacam paranet atau green house untuk mengurangi sinar matahari yang berlebih. Namun ini bila budget anda lebih. Bila dana terbatas bisa dengan anyaman dedaunan memanfaatkan barang sekitar. Sehingga pohon tin anda bisa berkembang dengan baik di musim kemarau.
Anda berminat dan ingin berkonsultasi menanam pohon tin? Kami sedia bibit buah tin dengan berbagai jenis; mulai dari green jordan, purple jordan, brown turkey, red palestine, blue giant, negronne, calimyrna, conadria, osborne, black portugal, black jack, red libya, masui dauphine dan lain sebagainya. Untuk pemesanan bisa menghubungi kami di WA /SMS 087838393451 beralamat Dusun Rajek Lor RT 2 RW 24 Desa Tirtoadi Kec Mlati Sleman. Semoga anda sukses menanam pohon tin.
  


1 komentar: