Senin, 29 Agustus 2016

Mengenal Pohon Tin Terpopuler

Mengenal Pohon Tin Terpopuler 

Buah Tin sebenarnya memiliki banyak jenis secara varietasnya. Namun, secara popularitas, Jenis Pohon Tin yang yang populer dan mudah beradaptasi di tanam di Indonesia ada beberapa macam saja. 
Keunggulan buah tin selain mudah dibudidayakan, juga memiliki banyak khasiat manfaat bagi kesehatan. Buah tin juga berbuah kapan saja tanpa mengenal musim. Buah tin secara biologis berbuah di umur delapan bulan dari awal penanaman. Buah tin bisa ditanam di Pot Besar ataupun ditanam di Tanah. Adapun macam-macam dari Pohon Tin yang sudah diuji tanam di Indonesia dan berhasil dengan baik adalah sebagai berikut :

Jenis Pohon Buah Tin Terpopuler dan Terbaik


1. GREEN JORDAN (LN) Tin Hijau dari Yordania

bibit tin green jordan
Green Jordan Fig (LN) atau Pohon Buah Tin Hijau Yordania ini yang paling adaptif mudah tumbuh di tanam di Indonesia dan beranting banyak, baik ditanam di Tanah maupun dalam Pot Besar, Rasa buah yang manis dengan besar buah 40-60 Gram berwarna hijau kekuningan dan sangat rajin berbuah dan lebat, daun berjari lima kecil, Pohon buah Tin ini adalah jenis yang terbaik dari nagara asalnya Yordania di lembah Jordan.

2. PURPLE JORDAN (LN) Tin Ungu dari Yordania

bibit tin purple jordan
Purple Jordan ( LN ) Pohon Tin Ungu | Ara | Common Fig | Ficus Carica Tin Ungu dari Yordania ini yang memiliki warna buah yang cantik dan menawan dengan rasa buah yang manis mudah untuk ditanam karena sangat adaptif dengan iklim Indonesia serta rajin berbuah dan lebat berat buah mencapai 50-70 Gram, sangat cocok untuk koleksi tanaman anda baik untuk ditanam di Pot Besar, di halaman atau perkebunan.

3. BROWN TURKEY Pohon Tin asal Turki

bibit buah tin borwn turkey
Brown Turkey Fig Varian Pohon Tin ini mempunyai buah Tin cukup besar yang beratnya mencapai : 50-60gram, berwarna coklat -kehitaman ,dengan buah sangat productive / rajin berbuah , Rasa sangat manis , dan sangat adaptif di tanam di Indonesia sehingga cocok untuk menambah koleksi tanaman langka pada halaman, taman atau kebun anda.

4. PANACHE | Tiger Fig

Pohon Tin Panache / Tiger Fig adalah varian tin yang langka dan unik memiliki warna buah yang sangat indah ( Varigata ) dengan ukuran buah Tin seberat 50-60 Gram , berwarna strip kuning dan Hijau, sangat produktif dan sangat adaptif untuk di tanam di Indonesia, sehingga banyak diburu penggemar / kolektor Pohon Tin, segera lengkapi koleksi tanaman anda dengan hadirnya Pohon Tin jenis Panache untuk menyegarkan Halaman, Taman atau kebun anda.

5. TENA FIG Pohon Tin dari Prancis

Tena Fig Pohon Tin Jenis langka ini di import dari Francis ( Baud Nursery) , warna buah Kuning Gold , cukup produktif , rasa buah paling manis di kelasnya , berat buah : 50-60 gram , tahan curah hujan tinggi sehingga cocok untuk ditanam di Iklim Indonesia. Sugar Content : 22 Brix.

6. ABICOU Fig Pohon Tin dari prancis

Abicou Fig Pohon Tin France langka ini mempunyai buah Tin yang sangat Unique (umumnya-Lonjong /Bulat ) dengan berat : 55-65 gram , berwarna , hitam dark , productive dengan rasa buah yang manis dan sangat cocok di koleksi / di tanam dalam Pot sebagai koleksi Tin Exclusive dirumah ANDA atau di kebun . Kulit buahnya , agak tebal , sehingga tahan tranportasi comercial untuk buah Figs segar , sangat terkenal di Francis selatan , Portugal , dan beberapa negara Eropa Selatan secara komersial untuk dikonsumsi dalam bentuk Buah segar (Fresh Figs).

7. KHURTMANI | RED PALESTINE

Pohon Tin Red Palestine ( Khurtmani Fig ) ini memiliki ukuran buah yang cukup besar dan warna yang unik dengan berat 70-80 Gram berwarna merah kehitaman, sangat productive rasa buah sangat manis, daun berjari lima, sangat adaptif di tanam di Indonesia, Tin ini adalah jenis terbaik di Negaranya Israel dan Lembah Jordan. Lengkapi koleksi tanaman unik dan langka anda dengan menghadirkan Red Israel / Kurtmani Fig di Halaman, Taman atau kebun anda.

8.  BLACK PORTUGAL
 Tin jenis Black Portugal
Buah tin ini  berukuran sedang dengan berat : 45-50 gram, berwarna , Biru  -Kehitaman  ,  sangat productive dan dengan textur legit , daging buah berwarna merah .  Rasa buah sangat manis   dan  adaptif di tanam di Indonesia untuk  melengkapi  koleksi Tin Exclusive dirumah anda dengan buah yang cantik. Varian ini original dari negara Portugal .

9. Negronne

Tin jenis Negronne
Varian Tin  ini mempunyai buah yang sangat manis, dan bercita rasa gurih, buahnya cukup besar  dengan berat : 45-55 gram, berwarna Ungu kehitaman. Cukup productive berbuah, dan sangat cocok di koleksi / di tanam dalam Pot dan adaptif dengan iklim tropis Indonesia. Cocok dijadikan koleksi sebagai salah satu Tin Exclusive dirumah ANDA. Jenis Negrone ini  sangat terkenal di Eropa dan USA  secara komersial untuk dikonsumsi dalam bentuk Buah segar yang multikhasiat.

Anda berminat bertanam buah tin? kami sedia bibit buah tin dan siap kirim ke seluruh Indonesia. Untuk pemesanan silahkan menghubungi kami di SMS/Telp/WA 087838393451. 

14 komentar:

  1. Berapa lama baru berbuah ya, Saya punya pohon tin, dan itu saya beli offline, usia udah hampir 6 bulan, pengen tahu berapa lama sih berbuah nya. tolong infonya, Makasih.
    Belajar Online

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara rata rata, buah tin berbuah selama 6 -8 bulan gan, tergantung perawatan, kondisi lahan, ketersediaan unsur penunjang, kecukupan sinar matahari dan letak geografis

      Hapus
  2. Apakah ada resiko yang berarti ya dalam budidayanya?
    mediamaya

    BalasHapus
  3. saya rasa hampir sedikit resikonya.. asal tau ilmunya.. setau saya tin menyukai tanah agak berpasir

    BalasHapus
  4. mantap sekali gus...
    zian translate
    http://ziantranslate.blogspot.co.id/p/blog-page_13.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. nakasih om,. mkaasih kunjungannya

      Hapus
  5. Om, bagi resep utk perawatan musim hujan donk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di musim hujan sebaiknya secara berkala lakukan pruning (pemotongan daun) terutama daun yang sudah tua. Ranting atau cabang yang jelek atau bengkok yang dirasa tidak perlu bisa juga dipotong. Lalu untuk menghindari terjadinya penyakit jamur atau layu bakteri pastikan mendapat sinar matahari entah sebentar atau lama. Terutama di batang akar buah tin yang biasanya mudah terkena jamur karena kurang sinar matahari. Untuk mencegah terjadinya jamur bisa juga disemprot dengan Fungisida di batang, akar atau daun tin. Begitu ya Mbak Eva. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  6. Mas tolong dicantumkan harga2x bisakah.

    BalasHapus
  7. Mas tolong dicantumkan harga2x bisakah.

    BalasHapus
  8. mas bisa beli bibitnya ga? di bekasi ada ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Maaf, kami ada di Jogja. Bisa COD area jogja mbak dan siap kirim kirim via ekspedisi.

      Hapus
  9. Mas, ada jual online di Tokopedia atau Bukalapak ?

    BalasHapus
  10. Mas, ada jual online di Tokopedia atau bukalapak? kalau ada, apa nama tokonya?

    BalasHapus