Kamis, 12 Mei 2016

bibit buah tin Perawatan Pohon Tin


bibit buah tin

Perawatan Pohon Tin


Pemupukan

Semua jenis pohon membutuhkan pupuk untuk kesuburan tanahnya. Termasuk dalam budidaya buah tin. Terlebih, bila penanaman dilakukan dalam pot atau planter bag, maka harus dilakukan pemupukan untuk menambah kesuburan pohon buah tin. Jenis pupuk yang disarankan adalah pupuk organik dari kotoran ternak kambing, kelinci atau sapi. Bisa juga menggunakan sisa sisa daun yang terurai atau jadi humus yang bagus untuk unsur hara.

Pemangkasan (pruning)

Sebenarnya pemangsa pada pohon buah tin tidak harus dilakukan. Pemangkasan dilakukan bertujuan untuk antara lain mengatur bentuk atau pertumbuhan pohon buah tin agar tidak terlalu tinggi atau mempunyai bentuk sesuai yang diinginkan. Bisa juga untuk mengurangi ranting ranting yang sudah tua atau tidak produktif. Selain itu bertujuan untuk merangsang pertumbuhan tunas tunas baru yang akan diikuti oleh munculnya bakal buah tin.
Karena nilai ekonomisnya yang masih tinggi, akan disayangkan bila kita hanya memangkas ranting ranting atau daun daun pohon buah tin kemudian membuangnya. Pemangkasa bisa dilakukan sekalian mencangkok ranting yang dibuang atau mengambil “cutting” ranting pohon buah tin untuk bahan stek pohon buah tin.

Penyiraman

Pohon buah tin meskipun merupakan tanaman yang berasal dari negara gurun Timur Tengah, tetapi pohon buah tin memerlukan suplai air secara teratur sampai pohon buah tin sudah cukup besar dan bisa tumbuh mandiri. Pada saat musim kemarau, pohon buah tin yang sudah besar pun masih perlu dilakukan pengairan meskipun tidak setiap hari. Jika pohon buah tin tidak mendapatkan cukup irigasi maka akan terjadi daun pohon tin menjadi kekuningan dan kering sehingga akan menyebabkan daun tin rontok. Penyiraman yang teratur juga akan merangsang munculnya buah tin. Penyiraman yang disarankan adalah pada pagi hari sebelum jam 9 atau sore hari setelah jam 4. Jangan melakukan penyiraman pada daun buah tin saat matahari bersinar terang, hal ini akan berakibat daun pohon buah tin menjadi kering terbakar.
Akar pohon buah tin ini sebagian besar berada dekat dengan permukaan tanah menyebabkan kandungan airnya tidak bisa bertahan lama sehingga penyiraman yang rutin mutlak diperlukan. Akan tetapi, tanah yang drainase nya jelek tidak boleh dilakukan penyiraman secara berlebihan.

Anda berminat budidaya buah tin? kami jual bibit buah tin dan siap kirim ke seluruh Indonesia. Tersedia green jordan, dan purple jordan. Untuk pemesanan hubungi 087838393451. 



1 komentar: